Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 2 dan Jawabannya

Soal Aladin, kali ini akan memberikan beberapa contoh soal dan jawaban untuk Ujian Akhir Semester (PAT) Bahasa Indonesia kelas 10 semester 2. PAT merupakan salah satu evaluasi penting dalam proses pembelajaran, yang bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari sepanjang semester.

Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 2
Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 2 dan Jawabannya

Pada kesempatan kali ini, soal aladin telah merangkum beberapa contoh soal yang mencakup berbagai aspek dalam pelajaran Bahasa Indonesia, seperti membaca, menulis, tata bahasa, sastra, dan sebagainya. Soal-soal ini dirancang dengan tujuan untuk menguji pemahaman siswa terhadap konsep dan keterampilan yang telah dipelajari selama semester ini.

Namun, penting untuk diingat bahwa soal-soal ini hanyalah contoh dan tidak mewakili seluruh materi yang mungkin keluar dalam PAT Bahasa Indonesia kelas 10 semester 2 di sekolah Anda. Disarankan agar Anda mempelajari dan menguasai materi secara menyeluruh serta mengacu pada buku teks dan sumber belajar resmi yang diberikan oleh sekolah.

Selain itu, dalam artikel ini kami juga menyediakan jawaban singkat untuk setiap contoh soal. Jawaban ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai cara menjawab setiap soal dengan benar. Namun, setiap siswa mungkin memiliki pendekatan dan penjelasan yang berbeda sesuai dengan pemahaman mereka sendiri.

Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 2 dan Jawabannya

Jadi, mari kita mulai mempelajari contoh soal PAT Bahasa Indonesia kelas 10 semester 2 dan jawabannya untuk membantu Anda dalam mempersiapkan diri dengan baik.

Tetap semangat dan berusaha sebaik mungkin, semoga Anda berhasil meraih hasil yang memuaskan dalam ujian Bahasa Indonesia ini. Selamat belajar!

1. Kegiatan adu argumentasi dalam memutuskan masalah dan perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari ...

  • A. Argumen
  • B. Debat
  • C. Diskusi
  • D. Seminar
  • E. Simposium

Jawaban: B

2. Perlu disadari bahwa adanya perbedaan pendapat lumrah dalam suatu debat. Kedua belah pihak harus menyadari tujuan mengikuti debat, yaitu ...

  • A. Mengikuti ajang bergengsi dari setiap sekolah.
  • B. Mematikan lawan debat dengan sempurna.
  • C. Menilai jalannya kegiatan debat.
  • D. Menyimpulkan hasil debat.
  • E. Menyampaikan pendapat masing-masing.

Jawaban: E

3. Debat yang bertujuan untuk memberi serta menambah dukungan bagi UU tertentu dan semua anggota yang ingin menyatakan pendapat baik mendukung/menolak usul disebut dengan ...

  • A. Debat parlementer
  • B. Debat kusir
  • C. Debat formal
  • D. Debat kompetitif
  • E. Debat pemeriksaan ulang

Jawaban: A

4. Debat termasuk salah satu bagian dari diskusi. Berikut termasuk manfaat kegiatan debat, kecuali ...

  • A. Melatih keberanian dalam mengemukakan pendapat di muka umum
  • B. Melatih berpikir kritis terhadap permasalahan yang diperdebatkan
  • C. Mampu mematahkan pendapat dari lawan debat
  • D. Berargumen sesuai data dan fakta
  • E. Membuat pihak lain mengakui kehebatannya

Jawaban: E

5. Debat dapat terwujud apabila unsur-unsurnya terpenuhi. Berikut yang termasuk unsur-unsur debat yang tepat adalah ...

  • A. Mosi, argumentasi, tim afirmasi, tim oposisi, netral, notulis, juri
  • B. Intonasi, tim afirmasi, mosi, notulen, moderator, peserta debat, juri
  • C. Moderator, tim afirmasi, tim oposisi, tim netral, notulis, juri, peserta debat
  • D. Mosi, moderator, tim afirmasi, tim oposisi, tim netral, notulis, juri
  • E. Mosi, moderator, tim afirmasi, tim oposisi, tim sukses, notulis, juri

Jawaban: D

6. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Pelaksanaan debat
2) Pembukaan oleh moderator
3) Penyampaian pernyataan topik
4) Penutup
5) Simpulan

Urutan tata cara berdebat yang benar adalah ...

  • A. 1-2-3-4-5
  • B. 2-1-3-5-4
  • C. 2-3-1-5-4
  • D. 3-1-2-4-5
  • E. 3-2-1-4-5

Jawaban: C

Kutipan berikut untuk soal nomor 7 dan 8

Moderator :
Berita mengenai ketetapan pemerintah untuk menerapkan full day school bagi semua sekolah, telah mengejutkan banyak pihak, terutama bagi orang tua siswa. Komentar-komentar positif yang mendukung dan komentar-komentar negatif yang menolak, membuat kita berpikir, apakah Indonesia sudah tepat menerapkan full day school untuk semua tingkat pendidikan?

Tim afirmasi :
Kami dari tim afirmasi sangat menyetujui keputusan pemerintah mengenai full day school bagi sekolah. Dengan ada full day school, siswa-siswa dapat belajar secara optimal dan diawasi langsung oleh guru pembimbing mata pelajaran siswa.

Tim oposisi :
Kami dari tim oposisi menolak ketetapan tersebut. Karena sebagai anak-anak, kami juga membutuhkan waktu untuk mengembangkan diri sendiri dan bersosialisasi dengan keluarga dan masyarakat.

7. Kutipan debat tersebut termasuk jenis debat ...

  • A. Majelis
  • B. Profesional
  • C. Formal
  • D. Parlementer
  • E. Pemeriksaan ulang

Jawaban: C

8. Mosi kutipan debat tersebut adalah ...

  • A. Pemerintah menetapkan pembelajaran 8 jam
  • B. Pemerintah menerapkan full day school bagi semua sekolah
  • C. Full day school membuat peserta didik dapat belajar secara optimal
  • D. Keefektifan sekolah full day school
  • E. Tidak ada yang mendukung pembelajaran full day school

Jawaban: B

9. Menyimpulkan hasil debat melalui tiga cara. Berikut menyimpulkan debat secara kausalitas sebab-akibat yang tepat yaitu ...

  • A. Penyalahgunaan narkoba dapat berdampak buruk bagi pengguna. Orang yang menggunakan narkoba akan mengalami kondisi mental yang membuatnya terlihat seperti orang gila. Perilaku aneh pengguna narkoba dapat menyebabkan kerugian bagi sendiri dan orang lain.
  • B. Bencana yang paling sering dihadapi manusia akhir-akhir ini adalah banjir. Penyebabnya terbesar adalah hilangnya lahan hijau. Kemudian, salah satu penyebab banjir yaitu membuang sampah sembarangan. Dengan demikian penyebab utama terjadinya banjir adalah kelalaian manusia dalam menjaga alam.
  • C. Penyebab tawuran adalah kurangnya perhatian orangtua di rumah. Karena kesibukan orangtua dalam memenuhi kebutuhan anak-anaknya, orangtua seringkali melupakan komunikasi. Penyebab tawuran lain adalah kurangnya pengawasan pihak sekolah setelah murid-muridnya meninggalkan sekolah.
  • D. Keluarga Pak Aldebaran mengalami keracunan, disebabkan setelah mengikuti pesta disalah satu rumah makan yang terletak mfhduujqewhdi Solo.
  • E. Hasil panen bauh naga di Banyuwangi tahun ini tidak begitu membanggakan. Permasalahan tersebut disebabkan oleh kemarau yang berkepanjangan

Jawaban: A

10. Perhatikan kutipan teks berikut!
Mendidik anak sama seperti merawat sebuah tanaman. Dalam merawat tanaman, kita mesti merawat mereka secara telaten dan sabar sehingga tanaman yang dirawat bisa tumbuh subur. Begitu pula dengan mendidik anak, perlu adanya ketelatenan dan kesabaran ekstra agar anak dapat tumbuh dengan semestinya. Oleh karena itu, kita harus mendidik anak kita dengan telaten dan sabar seperti kita merawat tanaman.

Pola pengembangan kutipan teks tersebut adalah ...

  • A. Generalisasi
  • B. Analogi
  • C. Sebab-akibat
  • D. Akibat-sebab
  • E. Akibat-akibat

Jawaban: B

11. (1) Kita bisa melihat saat ini, telepon seluler tidak hanya digunakan oleh orang dewasa, tetapi juga hampir semua umur telah menggunakan telepon seluler. (2) Bahkan, anak-anak yang masih sekolah di TK sudah menggunakan telepon seluler. (3) Kita juga bisa melihat banyak kecelakaan terjadi di jalan raya yang disebabkan oleh telepon seluler. (4) Penggunaan telepon seluler saat berkendara inilah yang menyebabkan kecelakaan. (5) Oleh karena itu, kita harus melarang pengemudi menggunakan telepon seluler saat mengemudi.

Konjungsi antarkalimat ‘penguatan’ dalam paragraf tersebut ditunjukkan kalimat nomor

  • A. 1
  • B. 2
  • C. 3
  • D. 4
  • E. 5

Jawaban: B

12. Perhatikan Kutipan debat berikut! Terkait dengan pelanggaran di masa PSBB transisi adalah melonjaknya jumlah penderita Covid-19 yang memerlukan perawatan di RS. Peningkatan kasus aktif ini tidak dibarengi kapasitas kesehatan, seperti kecukupan jumlah kamar isolasi dan ruang rawat ICU yang memadai ..... , jumlah fasilitas perawatan yang tersedia saat ini semakin penuh terisi dan mendekati ambang batas. Ciri-ciri penderita Covid-19 semakin hari semakin bervariasi yakni disertai dengan kompleksitas penyakit lain, ..... , rentang usia penderita Covid-19 didominasi usia lanjut. Jumlah penderita Covid-19 pada ibu hamil dan anak-anak semakin hari semakin meningkat. Tidak hanya di kota-kota besar di Indonesia, tetapi juga tersebar di beberapa provinsi ..... , dengan fakta di lapangan diperlukan adanya evaluasi terhadap kebijakan pelonggaran PSBB lebih efektif atau justru merugikan.

  • A. Selain itu, oleh karena itu, bahkan
  • B. Selanjutnya, selain itu, oleh sebab itu
  • C. Akan tetapi, sebaliknya, dengan demikian
  • D. Meskipun demikian, tambahan pula, malahan
  • E. Dengan demikian, selain itu, oleh karena itu

Jawaban: B

13. Dengan adanya biografi, kita dapat menemukan hubungan, sebuah mistri yang melingkupi hidup seseorang, dan penjelasan mengenai tindakan atau perilaku dalam hidupnya. Berdasarkan uraian tersebut dapat dikatakan bahwa biografi adalah ...

  • A. Buku yang di dalamnya menceritakan kejadian-kejadian hidup seseorang.
  • B. Buku tentang kisah manusia.
  • C. Buku keindahan alam
  • D. Buku tentang kejadian indah yang dirasakan seseorang
  • E. Buku yang di dalamnya menceritakan kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain

Jawaban: E

14. Berikut di bawah ini yang tidak termasuk ciri-ciri teks biografi adalah ...

  • A. Memberikan pengetahuan perjalanan hidup seorang tokoh
  • B. Sebagai pelajaran dari kehidupan tokoh tersebut
  • C. Pembaca dan penulis dapat mencontoh tokoh tersebut
  • D. Sebagai laporan hasil penelitian
  • E. Berisi data pribadi terpercaya

Jawaban: D

15. Teks biografi termasuk jenis teks narasi dan memiliki tiga struktur. Berikut sistematika struktur teks biografi yang tepat adalah ...

  • A. Orientasi, peristiwa penting, reorientasi
  • B. Peristiwa penting, orientasi, reorientasi
  • C. Reorientasi, orientasi, peristiwa penting
  • D. Pernyataan umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat
  • E. Tesis, argumentasi, kesimpulan

Jawaban: A

16. Muhammad Yamin dilahirkan di Sawahlunto, Sumatra Barat tanggal 23 Agustus 1903. Ia menikah dengan Raden Ajeng Sundari. Ketika kecil, M. Yamin belajar pendidikan adat dan agama hingga tahun 1914. Di zaman penjajahan, ia termasuk orang yang beruntung karena dapat menikmati pendidikan menengah dan tinggi.

Kutipan paragraf tersebut termasuk dalam struktur teks biografi ...

  • A. Orientasi
  • B. Peristiwa penting
  • C. Reorientasi
  • D. Identifikasi
  • E. Argumentasi

Jawaban: A

17. KH. Abdul wahab Hasbullah (Mbah wahab) adalah salah satu tokoh pendiri Organisasi terbesar didunia Nahdlatul Ulama dan juga pendiri Gerakan Pemuda Ansor. Mars Ya lal wathon yang saat ini banyak dikenal orang ternyata juga buah karya beliau. Beliau sosok Ulama yang multi talenta, sangat cerdas dan pemikiranya jauh melampui kebanyakan orang ..... Perannya di semua lini kehidupan, politik, budaya, agama menjadikannya sebagai kyai multikultural yang menjadi tokoh simbol perjuangan anak bangsa.

Kutipan teks tersebut termasuk dalam struktur teks biografi ...

  • A. Orientasi
  • B. Peristiwa penting
  • C. Reorientai
  • D. Argumentasi
  • E. Identifikasi

Jawaban: A

18. Sepulang dari Mekkah 1914, Wahab, tidak hanya mengasuh pesantrennya di Tambakberas, tetapi juga aktif dalam pergerakan nasional. Ia tidak tega melihat kondisi bangsanya yang mengalami kemerosotan hidup yang mendalam, kurang memperoleh pendidikan, mengalami kemiskinan serta keterbelakanagan yang diakibatkan oleh penindasan dan pengisapan penjajah. Melihat kondisi itu, pada tahun 1916 ia mendirikan organisasi pergerakan yang dinamai Nahdlatul Wathon (kebangkita negeri), tujuannya untuk membangkitkan kesadaran rakyat Indonesia. Untuk memperkuat gerakannya itu, tahun 1918 Wahab mendirikan Nahdlatut Tujjar (kebangkitan saudagar) sebagai pusat penggalangan dana bagi perjuangan pengembangan Islam dan kemerdekaan Indonesia.

Kutipan biografi tersebut, termasuk dalam struktur ...

  • A. Orientasi
  • B. Peristiwa penting
  • C. Reorientasi
  • D. Identifikasi
  • E. Argumentasi

Jawaban: B

19. Bacalah kutipan biografi berikut!
Semasa mahasiswa, Taufiq Ismail aktif dalam berbagai kegiatan. Tercatat, ia pernah menjadi Ketua Senat Mahasiswa FKHP UI (1960-1961) dan Wakil Ketua Dewan Mahasiswa (1960-1962). Ia pernah menjadi guru bahasa di SMA Regina Pacis, Bogor (1963-1965), guru ilmu Pengantar Peternakan di Pesantren Darul Fallah Ciampe (1962) dan asisten dosen Manajemen Peternakan, Fakultas Peternakan UI dan IPB (1961-1964). Karena menandatangani Manifes Kebudayaan yang dinyatakan terlarang oleh Presiden Soekarno, ia batal melanjutkan studi ke Univeristas Kentucky dan Florida. Kemudian, ia diberhentikan sebagai pegawai negeri pada tahun 1964.

Peristiwa yang tidak diungkapkan dalam bacaan tersebut tentang Taufiq Ismail adalah ...

  • A. Taufiq Ismail sebagai tokoh penyair Angkatan ‘66
  • B. Taufiq Ismail aktif dalam kegiatan kemahasiswaan
  • C. Taufiq Ismail pernah menjadi guru di SMA Regina Pacis
  • D. Taufiq Ismail pernah menjadi asisten dosen di IPB
  • E. Taufiq Ismail diberhentikan sebagai pegawai negeri

Jawaban: A

20. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Saat kuliah di Universitas Cokroaminoto. Ia bergabung dengan Teater Muslim yang dipimpin Mohammad Diponegoro.
2) Teaternya akrab dengan publik karena ia memasukkan unsur-unsur lenong, stanbul, boneka (marionet), wayang kulit, wayang golek dan melodi pesisir sehingga Arifin dikenal sebagai pembela kaum miskin.
3) Arifin kemudian berkiprah di dunia layar perak sebagai sutradara dan pada film Pemberang ia dinyatakan sebagai penulis skenario terbaik pada Festival Film Asia tahun 1972 dan mendapat piala The Golden Harvest.
4) Semasa sekolah, ia bergabung dengan Lingkaran Drama Rendra dan menjadi anggota Himpunan Sastrawan Surakarta.
5) Arifin C. Noer adalah anak kedua Mohammad Adnan yang lahir di Cirebon pada tanggal 10 Maret 1941.
6) Kemudian, ia hijrah ke Jakarta dan mendirikan Teater Kecil pada tahun 1968.

Urutan tepat kalimat-kalimat acak tersebut menjadi teks biografi yang runtut adalah ...

  • A. 5) - 6) - 1) - 2) - 4) - 3)
  • B. 5) - 4) - 1) - 6) - 2) - 3)
  • C. 5) - 3) - 4) - 1) - 2) - 6)
  • D. 5) - 2) - 4) - 1) - 3) - 6)
  • E. 5) - 1) - 3) - 2) - 4) - 6)

Jawaban: B

21. Biografi berikut untuk soal nomor 21 dan 22!

Dalam menjalani tugasnya, baik pada zaman Belanda, zaman Jepang, maupun zaman republik, Armijn Pane sering menyaksikan “peristiwa tidak beres” yang menusuk hati nuraninya. Ketika ia menjadi Kepala Bagian Kesastraan di Pusat Kebudayaan Jepang oleh armada Sekutu di sekitar Morotai Maluku, Jepang meminta Armijn agar membuat berita. Karena Armijn seorang yang jujur dan tidak pernah mengubah fakta, dibuatnya laporan apa adanya. Akibatnya, ia haus berhadapan dengan kempetai (satuan polisi militer Jepang). Ia menderita lahir dan batin karena perlakuan kasar kempetai. Perlakuan kasar itu merupakan salah satu pengalaman pahitnya yang menyebabkan dirinya terkena pukulan batin terus-menerus dalam pekerjaannya.

Keteladanan dalam diri Armijn Pane adalah ...

  • A. Sabar dan tabah menghadapi perlakuan kasar kempetai
  • B. Berani menulis berita sesuai dengan pendapatnya
  • C. Seorang yang jujur dan tidak pernah mengubah fakta
  • D. Berhasil saat menjabat Kepala Bagian Kesastraan
  • E. Berusaha netral dalam melihat peristiwa yang tidak beres

Jawaban: C

22. Peristiwa yang membuat batin Armijn Pane terpukul terus-menerus adalah ...

  • A. Menjalani tugas pada zaman Belanda
  • B. Ditunjuk sebagai Kepala Bagian Kesastraan
  • C. Diminta Jepang membuat berita
  • D. Mendapat perlakuan kasar kempetai
  • E. Menulis berita sesuai keinginan Jepang

Jawaban: D

23. Perhatikan kedua kutipan berikut!

Kutipan 1
Pada tahun 1942 Asrul Sani pindah ke SMP Taman Siswa, Jakarta. Di sekolah ini Asrul berkenalan dengan Pramoedya Ananta Toer dan bersama-sama menjadi anggota kelompok “Penggemar Sastra”. Setelah tamat SMP, Asrul masuk ke Sekolah Kedokteran Hewan, Bogor dan melanjukan ke Perguruan Tinggi Kedokteran.

Kutipan 2
S. Sinansari Ecip merupakan nama samaran dari Sution yang terkenal sebagai pengarang novel, puisi, cerpen dan cerita anak. Dia pernah memimpin redaksi majalah Almamater yang diterbitkan oleh Dewan Mahasiswa UI. Dia juga aktif menulis dalam Harian Kami edisi Jakarta, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Dia bekerja sebagai penulis dan dosen. Seabagai seorang penulis, ia beberapa kali memperoleh penghargaan atas hasil karyanya.

Perbedaan penggunaan kaidah kebahasaan kedua kutipan tersebut adalah ... Kutipan 1 Kutipan 2

  • A. Kutipan 1 : Menggunakan keterangan waktu
    Kutipan 2 : Menggunakan kata ganti orang/pronomina persona
  • B. Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi antarkalimat
    Kutipan 2 : Menggunakan keterangan waktu
  • C. Kutipan 1 : Mengguanakan kata ganti orang/pronomina
    Kutipan 2 : Menggunakan konjungsi antar kalimat
  • D. Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi koordinatif
    Kutipan 2 : Menggunakan kata ganti pronomina penunjuk
  • E. Kutipan 1 : Menggunakan konjungsi subordinatif
    Kutipan 2 : Menggunakan konjungsi korelatif

Jawaban: A

24. Perhatikan kutipan biografi berikut! Kuntowidjoyo menyelesaikan pendidikan SD dan madrasah tahun 1956 dan SMP dalam tahun 1959, semuanya di Klaten, Jawa Tengah. Dia masuk SMA di Surakarta dan lulus tahun 1962. [ .....], dia melanjutkan pendidikan di Jurusan Sejarah, Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada tahun 1962. Tidak lama kemudian dia mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di Amerika Serikat. [ .....], dia berkiprah dalam pengajaran, diskusi, seminar dan menulis artikel sosial budaya serta karya sastra. Kuntowidjoyo tergolong pengarang yang mampu menulis berbagai genre. [ .....], kekuatannya lebih bertumpu pada penulisan cerpen.

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kutipan biografi tersebut yaitu ...

  • A. Selanjutnya, lalu, namun
  • B. Kemudian, selanjutnya, namun
  • C. Kemudian, akhirnya, akan tetapi
  • D. Lalu, kemudian, dengan demikian
  • E. Selanjutnya, akhirnya, oleh karena itu

Jawaban: A

25. Perhatikan kutipan biografi berikut!
Marah Rusli mengikuti pendidikan pertama di sekolah Melayu kelas II dan tamat tahun 1904. Kemudian, ia masuk sekolah Raja di Bukittinggi dan tamat tahun 1910. Marah Rusli termasuk murid yang pintar. Oleh sebab itu, gurunya di sekolah Raja pernah menganjurkan untuk melanjutkan sekolah ke Belanda. Karena ia anak tunggal, orang tuanya tidak menyetujuinya. Lowongan untuk belajar ke Ngeri Belanda tersebut dimanfaatkan oleh Tan Malaka menggantikan Marah Rusli. Selanjutnya, Marah Rusli masuk sekolah kedokteran Bogor dan lulus tahun 1915.

Konjungsi antarkalimat yang digunakan dalam kutipan teks tersebut adalah ...

  • A. Dan, kemudian, karena
  • B. Dan, oleh sebab itu, karena
  • C. Kemudian, oleh sebab itu, karena
  • D. Oleh sebab itu, selanjutnya, dan
  • E. Kemudian, oleh sebab itu, selanjutnya

Jawaban: E

26. Bentuk karya sastra dari hasil ungkapan dan perasaan penyair dengan bahasa yang terikat serta penuh makna.
Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari ...

  • A. Prosa
  • B. Cerita pendek
  • C. Majalah
  • D. Surat Kabar
  • E. Puisi

Jawaban: E

27. Pernyataan yang tepat mengenai perbedaan puisi lama dan puisi baru di bawah ini adalah ...

  • A. Puisi Lama : Menggunakan irama tetap, yaitu dua patah kata dalam sekali ucap
    Puisi Baru : Menggunakan irama dinamis yang mengikuti pikiran dan perasaan penulis
  • B. Puisi Lama : Terikat oleh aturan
    Puisi Baru : Tidak terikat oleh aturan
  • C. Puisi Lama : Penulis dikenal/diketahui nama penulisnya
    Puisi Baru : Penulis tidak dikenal/tidak diketahui nama penulisnya
  • D. Puisi Lama : Persebaran secara lisan
    Puisi Baru : Persebaran secara lisan dan tulisan
  • E. Puisi Lama : Isi berupa nasihat
    Puisi Baru : Isi berupa curhatan hati penulis

Jawaban: C

28. Rajin belajarlah diusia muda Jangan pernah kamu menunda-nunda.
Puisi di atas merupakan jenis puisi lama yaitu ...

  • A. Syair
  • B. Mantra
  • C. Pantun
  • D. Gurindam
  • E. Bidal

Jawaban: D

29. Di bawah ini yang tergolong puisi lama adalah ...

  • A. Puisi Lama : Pantun, Syair, Seloka, Karmina
    Puisi Baru : Balada, Himne, Epigram, Elegi
  • B. Puisi Lama : Karmina, Bidal, Talibun, Soneta
    Puisi Baru : Distikon, Kuatren, Kuintet, Syair
  • C. Puisi Lama : Gurindam, Seloka, Mantra, Oktaf
    Puisi Baru : Balada, Soneta, Bidal, Elegi
  • D. Puisi Lama : Elegi, Pantun, Karmina, Talibun
    Puisi Baru : Pantun, Himne, Septima, Oktaf
  • E. Puisi Lama : Balada, Himne, Seloka, Syair
    Puisi Baru : Mantra, Talibun, Elegi, Himne

Jawaban: A

30. Dalam puisi kontemporer di atas, penulis menggunakan struktur fisik puisi. Struktur fisik puisi yang digunakan dalam penulisan puisi tersebut adalah ...

  • A. Diksi
  • B. Imaji/citraan
  • C. Majas
  • D. Rima
  • E. Tipografi

Jawaban: E

31. Bungaku bersemi kembali Setelah seminggu terkurung di lembah sunyi, Kini bertunas lagi daunnya yang dulu menguning dan .....Rantingnya yang dulu kering Kini segar kembali, Tidak sia-sia Kusiram bungaku hingga bersemi dan mekar kembal (-anonim-)

Diksi yang tepat untuk melengkapi larik puisi tersebut adalah ...

  • A. Berjatuhan
  • B. Bermunculan
  • C. Berguguran
  • D. Berterbangan
  • E. Berserakan

Jawaban: C

32. Dari sayap-sayap burung kecil itu
Berguguran sepi, sepiku
Saat terhenti di sebuah taman ini
Daun jatuh di atas bangku ...

(karya: Sapardi Djoko Damono)

Citraan/imaji yang terdapat pada penggalan puisi tersebut ialah ...

  • A. Visual
  • B. Auditif
  • C. Taktil
  • D. Sentuhan
  • E. Perasaan

Jawaban: A

33. Tangisan terus terdengar
Seakan alam tak mau kompromi
Manusia terjajar
Terkapar .....
Hanya doa yang terucap untuk saudara kami

(karya: Yulia Puspa)

Citraan auditif terdapat pada baris ...

  • A. Kesatu dan ketiga
  • B. Kedua dan keempat
  • C. Kesatu dan kelima
  • D. Kedua dan ketiga
  • E. Kedua dan keempat

Jawaban: C

34. Ketika jari-jari bunga terbuka
Mendadak terasa, betapa sengit
Cinta kita cahaya bagai kabut, kabut cahaya di langit ...

(karya: Sapardi Djoko Damono)

Larik pertama bait pertama puisi tersebut menggunakan majas ...

  • A. Hiperbola
  • B. Personifikasi
  • C. Repetisi
  • D. Ironi
  • E. Simile

Jawaban: B

35. Di bawah bayang-bayang langit yang cedera
Dan cuaca pepohonan di tengah hutan
Cintaku padamu masih selalu sedalam lautan
Dalam perjalanan senjaku ke Selatan

(Dikutip dari: Toto Sudarto B)

Larik “Cintaku padamu masih selalu sedalam lautan” menggunakan majas ...

  • A. Hiperbola
  • B. Personifikasi
  • C. Repetisi
  • D. Ironi
  • E. Simile

Jawaban: A

36. Karangan Bunga
Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Ini dari kami bertiga
Pita hitam dalam karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang tertembak mati tadi siang

(karya: Taufik Ismail)

Tema yang terkandung dalam puisi tersebut adalah ...

  • A. Ketuhanan
  • B. Kemanusiaan
  • C. Kritik sosial
  • D. Persabahatan
  • E. Keadilan

Jawaban: B

37. Makna lambang kata “Pita Hitam” dalam puisi karya Taufik Ismail adalah tanda ...

  • A. Bersedih
  • B. Berdoa
  • C. Berharap
  • D. Berduka
  • E. Bersuka cita

Jawaban: D

38. Senja di Pelabuhan Kecil ...

Tiada Lagi
Aku sendirian berjalan
Menyisir semenanjung, masih pengap harap
Sekali tiba di ujung sekalian selamat jalan
Dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap

(karya: Chairil Anwar)

Suasana yang tergambar pada puisi di atas adalah ...

  • A. Gaduh
  • B. Damai
  • C. Santai
  • D. Sepi
  • E. Bahagia

Jawaban: D

39. Perasaan yang dialami penyair dalam puisi “Senja di Pelabuhan Kecil” adalah ...

  • A. Gembira
  • B. Menyesal
  • C. Kecewa
  • D. Marah
  • E. Sedih

Jawaban: E

40. Niatkanlah menegakkan kalimat Allah
Di atas bumi kita ini
Dengan menegakkan keadilan
Dan kebenaran
Tanpa dendam dan kebencian
Kemudian lafazkan kesaksian pada Tuhan
Serta Rasul kita yang tercinta

(karya: Taufik Ismail)

Amanat yang terkandung dalam penggalan puisi di atas adalah ...

  • A. Berjuanglah atas nama Allah
  • B. Berjuanglah sampai tetes darah penghabisan
  • C. Berjuanglah dengan gagah berani
  • D. Perjuangan menghendaki pengorbanan
  • E. Hindarkan dendam dan kebencian

Jawaban: A

41. Buku yang berisi kisah atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari ...

  • A. Buku
  • B. Buku fiksi
  • C. Buku nonfiksi
  • D. Surat kabar
  • E. Buku resep makanan

Jawaban: B

42. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan ..., realita, atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

  • A. Opini
  • B. Pendapat
  • C. Pandangan seseorang
  • D. Isu
  • E. Fakta

Jawaban: E

43. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Berisi informasi atau ilmu pengetahuan
2) Dibuat berdasarkan penelitian atau pengamatan
3) Dibuat berdasarkan imajinasi seseorang
4) Ditulis dengan bahasa konotatif
5) Ditulis dengan bahasa lugas

Ciri-ciri buku nonfiksi ditunjukkan pada nomor ...

  • A. 1, 2, 4
  • B. 1, 2, 5
  • C. 2, 3, 4
  • D. 2, 4, 5
  • E. 3, 4, 5

Jawaban: B

44. Berikut yang tergolong buku fiksi yaitu ...

  • A. Novel, Antologi cerpen, Biografi
  • B. Novel, Antologi puisi, Pengayaan
  • C. Naskah drama, Novel, Biografi
  • D. Novel, Antologi puisi, Naskah drama
  • E. Buku motivasi, Naskah drama, Novel

Jawaban: D

45. Cermati kutipan berikut!
Tiap-tiap pemuda yang bersekolah di Betawi dalam bertamasyadi Danau Singkarak atau Sawahlunto dan singgah ke Solok, belum pernah mereka melampaui sebuah rumah kecil yang amat bersih rupanya. Rumah itu dibeli oleh Ibu Hanafi dan disanalah ia tinggal bersama Rapiah karena perlu menyekolahkan Syafei. Rapiah tidak suka bercerai lagi dengan mertuanya yang sudah dipandangnya sebagai ibu kandungnya, sedangkan Ibu Hanafipun berkata hendak menurutkan orang kedua itu ke mana perginya Rapiah tetap menolak hendak dipersuamikan. Ia berkata tak sampai hati akan memberi ayah tiri pada Syafei. Ibu Hanafi memerlukan benar menyembelih ayam, tiap-tiap kedatangan anak-anak sekolah dari betawi. Pemuda-pemuda itu senang sekali datang berkunjung ke rumah orang yang peramah dan bijaksana itu. (Salah Asuhan, Abdul Muis)

Hal dalam kutipan yang terkait dengan kehidupan bermasyarakat sekarang ini adalah ...

  • A. Jika bertamasya ke Danau Singkarak atau Sawahlunto singgah ke rumah sanak saudara di sana.
  • B. Hendaklah kita mengunjungi keluarga kita yang ada di daerah.
  • C. Suatu Keluarga menyiapkan hidangan yang baik untuk menjamu tamu.
  • D. Ibu mertua dan anak menantu perempuan selalu bersama dalam melakukan sesuatu.
  • E. Tidak menikah lagi sesudah suami meninggal demi masa depan anak yang dicintai.

Jawaban: E

46. Bacalah kutipan novel berikut!
“Anak kecil!” Dia tertawa mengejekku. “Mengapa duduk di belakang? Sini! Sini, duduk di muka! Masih ada tempat.” Tangannya melambai, lalu mendekat berjalan ke arah belakang bangku-bangku.“Tidak, Pak! Di sini saja, “Jawabku. Dia berdiri di samping bangkuku. Tidak ada yang duduk bersamaku.“Mengapa? Supaya paling akhir mendapat giliran?” tanyanya. Seisi kelas tertawa.“Tidak, Pak,” kataku lagi. “Supaya dapat melihat orang-orang lain.” Sedangkan mereka, yang duduk di depan, harus berpaling untuk melihatku.

Latar tempat dalam kutipan novel tersebut adalah ...

  • A. warung
  • B. kelas
  • C. sekolah
  • D. ruang tunggu
  • E. kantin

Jawaban: B

47. Bacalah kutipan berikut!
Kami tiba di terminal. “Lebih baik Om naik Indah Murni saja,” kataku. Bus ini lewat jalan tol, paling-paling cuma setengah jam ke Banyuwangi.

Kutipan cerpen di atas menggambarkan latar tempat di ...

  • A. terminal
  • B. jalan tol
  • C. Banyuwangi
  • D. Bus Indah Murni
  • E. Pinggir jalan

Jawaban: A

48. Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Setibanya pak Usman di restoran kecil sepulang dari sekolah, larasati segera memulai pembicaraan.“sebelum membicarakan soal Diah, saya perlu menjelaskan menggapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah karena saya ingin saya bicarakan adalah masalah yang harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaan, bukan kedinasan”,“maksud ibu apa?”“saya khawatir, keinginan bapak untuk menghabisi Diah itu karena kebencian bapak terhadap saya. Selama ini orang kan tahu saya sangat perhatin terhadap diah. Dia anak yang lemah pak, sudah mengalami berbagai cobaan hidup, sering murung karena menerima beban yang terlalu banyak dalam hidupnya.”

Sifat tokoh larasati berdasarklan kutipan di atas adalah ...

  • A. sabar dan penyayang
  • B. angkuh dan disiplin
  • C. tegas dan pemberani
  • D. penuh perhatian dan tegas
  • E. penakut

Jawaban: D

49. Bacalah kutipan novel berikut dengan seksama!
Empat hari kemudian aku duduk di samping sopir truk yang membawa hasil panen dari desa ke kota. Waktu itu umurku hampir enam belas tahun. Sudah dua tahun aku tidak bersekolah. Keputusan yang diambil ayahku merupakan peraturan yang harus diturut tanpa dirunding pihak yang bersangkutan. Pada waktu itu aku menerimanya dengan kewajaran abadi penuh ketaatan. Ayahku orang yang menentukan dalam kehidupan kami. Dan aku yang dibesarkan dalam lingkungan adat kepala tunduk untuk mengiyakan semua orang tua. Tidak melihat alasan apa pun buat membantahnya. Padahal waktu itu aku khawatir. Tetapi juga gembira. Keduanya disebabkan karena aku akan tinggal di kota ...

Nilai adat (budaya) yang menonjol dalam penggalan novel tersebut adalah ...

  • A. kebiasaan mengangkut hasil panen dari desa ke kota
  • B. anak perempuan yang beranjak remaja ditentukan jodohnya
  • C. orang tua yang menyerahkan anak gadisnya kepada orang lain
  • D. ayah menentukan kehidupan anaknya dan harus dituruti oleh anaknya
  • E. orang tua yang memberi doa yang baik kepada anaknya

Jawaban: B

50. Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Setiap sore menjelang, bapak selalu duduk di bangku tua kesayangannya. Bangku yang terbuat dari bamboo itu telah menemani bapak melewati senja yang begitu indah. Duduk dengan tenang sembari melempar pandang ke luar jendela untuk menyaksikan betapa indah panorama yang senja sajikan. [ .....] Rasa lelah setelah seharian memeras keringat tampak memudar ketika ia duduk di bangku tua kesayangannya itu.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan teks tersebut adalah ...

  • A. Bapak memotret senja itu
  • B. Bapak tertidur Karena lelah
  • C. Bapak selalu menikmatinya
  • D. Bapak dan ibu duduk berdua
  • E. Bapak berharap kakak datang

Jawaban: C

Download Soal

Untuk dapat menyimpan Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 2 dan Jawabannya, silakan kalian klik link download yang telah di sediakan dibawah ini.

Download Soal PAT Bahasa Indonesia

soal pat bahasa indonesia kelas 10 semester 2, soal pat bahasa indonesia kelas 10 semester 2 dan jawabannya, soal pat kelas 10 bahasa indonesia, contoh soal bahasa indonesia kelas 10 semester 2, soal dan jawaban bahasa indonesia kelas 10 semester 2, soal bahasa indonesia kelas 10 semester 2, soal uas bahasa indonesia kelas 10 semester 2, kunci jawaban bahasa indonesia kelas 10 semester 2, soal bahasa indonesia kelas 10, soal pat ekonomi kelas 10 semester 2, contoh soal bahasa indonesia kelas 10, 50 soal bahasa indonesia kelas 10 semester 2