Karya ilmiah ini disusun dengan tujuan untuk memberikan latihan soal dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas 11 semester 2. Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang penting dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, karena melalui mata pelajaran ini siswa dapat mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.
Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 Karya Ilmiah |
Latihan soal ini dirancang untuk membantu siswa meningkatkan pemahaman dan penguasaan mereka terhadap berbagai konsep, kaidah, dan struktur bahasa Indonesia. Selain itu, latihan soal juga dapat membantu siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian atau evaluasi akhir semester.
Setiap latihan soal yang disajikan dalam karya ilmiah ini meliputi berbagai aspek bahasa Indonesia, seperti tata bahasa, kosa kata, pembacaan, menulis, dan pemahaman teks. Soal-soal yang disusun bersifat komprehensif dan menantang, dengan berbagai tingkat kesulitan, sehingga dapat menguji kemampuan siswa secara menyeluruh.
Karya ilmiah ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban yang komprehensif dan penjelasan yang mendalam, sehingga siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap jawaban yang benar dan alasan di baliknya. Dengan memahami kunci jawaban dan penjelasan tersebut, siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menjawab soal-soal Bahasa Indonesia.
Latihan soal ini dapat digunakan oleh siswa secara mandiri untuk latihan di rumah, oleh guru sebagai bahan tambahan dalam pembelajaran di kelas, atau sebagai referensi bagi siapa saja yang ingin memperdalam pengetahuan mereka dalam bahasa Indonesia.
Melalui karya ilmiah ini, diharapkan siswa dapat meningkatkan kompetensi Bahasa Indonesia mereka dan meraih hasil yang lebih baik dalam pembelajaran.
Dengan latihan yang konsisten dan pemahaman yang mendalam, siswa dapat mengembangkan keahlian berbahasa Indonesia yang baik dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari serta dalam konteks akademik maupun profesional di masa depan.
Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 Karya Ilmiah
Mari kita mulai mempelajari latihan soal Bahasa Indonesia kelas 11 semester 2, untuk meningkatkan kemampuan bahasa siswa dan siswi menghadapi ujian semester 2.
1. Penulisan daftar pustaka dari data buku tersebut di atas ialah ...
- a. Ranupandoyo, Heidjrachman dan Husnan, Suad. 1989. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.
- b. Ranupandoyo, Heidjrachman dan Suad Husnan, 1989, Manajemen Personalia, Yogyakarta, BPFE.
- c. Heidjrachman Ranupandoyo dan Saud Husnan, 1989. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.
- d. Ranupandoyo, Heidjrachman dan Husnan Suad. 1989. Manajemen Personalia, Yogyakarta: BPFE.
- e. Heidjrachman Ranupandoyo dan Saud Husnan, 1989. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.
Jawaban: E
2. Berikut ini bukan bagian pendahuluan karya ilmiah ...
- A. latar belakang
- B. identifikasi masalah
- C. pembatasan masalah
- D. tujuan pembahasan
- E. pembahasan masalah
Jawaban:E
3. Pada sistematika karya ilmiah bagian tubuh (inti), terdapat bagian-bagian lain. apa sajakah itu?
- A. Pendahuluan, Pembahasan, Isi
- B. Pendahuluan, Kata Pengantar, Penutup
- C. Judul, Kata Pengantar, Pembahasan
- D. Kata Pengantar, Isi, Penutup
- E. Pendahuluan, Pembahasan/Isi, Penutup
Jawaban: E
4. Salah satu karya ilmiah yang menyajikan suatu masalah dengan pembahasan berdasarkan data yang ada di lapangan dan bersifat empiris-objektif, biasanya disajikan dalam diskusi disebut ...
- A. makalah
- B. jurnal
- C. skripsi
- D. paper
- E. tesis
Jawaban: A
5. Perhatikan data daftar pustaka berikut!
1) judul buku
2) penerbit
3) pengarang
4) kota terbit
5) tahun terbit
6. Penulisan daftar pustaka yang tepat yaitu denga urutan nomor ...
- A. 1, 2, 3, 4, 5
- B. 3, 1, 2, 4, 5
- C. 3, 5, 1, 4, 2
- D. 1, 3, 4, 2, 5
- E. 1, 3, 5, 4, 2
Jawaban: C
7. perhatikan judul karya tulis ilmiah berikut!
Judul karya tulis: menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
Penulisan judul makalah yang tepat adalah ...
- A. Menggali Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
- B. Menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
- C. Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan kepercayaan diri
- D. Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
- E. Menggali Potensi diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri
Jawaban: D
8. Tema: Penanggulangan Penyebaran Virus Covid 19
Rumusan Masalah: Bagaimana cara menanggulangi agar pandemi covid 19 berakhir ?
Latar belakang masalah yang tepat untuk rumusan masalah di atas adalah ...
- A. Uang adalah faktor utama yang dapat menularkan virus Covid 19.
- B. Mudik di tengah pandemi menjadi permasalahan besar yang mampu menyebarluaskan epidemi Covid 19.
- C. Seluruh warga harus membuang sampah pada tempatnya.
- D. Masalah sampah bisa diminimalisasi dengan kegiatan daur ulang sampah.
- E. Lockdown menjadi satu-satunya cara untuk mencegah penyebaran Covid 19.
Jawaban: B
9. Apabila dalam sebuah karya ilmiah terdapat tulisan teks yang diambil dari salah satu sumber bacaan ditulis sama persis dengan sumber aslinya baik bahasa maupun ejaannya dinamakan ...
- A. catatan kaki
- B. catatan badan
- C. kutipan langsung
- D. kutipan tidak langsung
- E. catatan penting
Jawaban: C
10. Dalam sebuah karya tulis yang sifatnya sistimatis, objektif, cermat,tepat benar, tidak persuasif, tidak argumentative, tidak emotif, tidak mengejar keuntungan sendiri dan tidak melebih-lebihkan sesuatu adalah ciri dari ...
- A. cerpen
- B. anekdot
- C. negosiasi
- D. karya ilmiah
- E. biografi
Jawaban: D
11. Pada sistematika karya ilmiah bagian pelengkap, terdapat bagian-bagian lain. apa sajakah itu?
- A. Judul, Kata Pengantar, Daftar Nama, Daftar Isi
- B. Judul, Kata Pengantar, Daftar Nama, Daftar Pustaka
- C. Judul, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Pustaka
- D. Judul, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Kata
- E. Judul, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Nama
Jawaban: C
12. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada ...
- A. fakta atau kenyataan
- B. argumentasi
- C. wewenang penulis
- D. wewenang pembaca
- E. pendapat
Jawaban: A
13. Hal-hal yang merupakan pendahuluan dalam karya ilmiah adalah sebagai berikut, kecuali ...
- A. latar belakang permasalahan
- B. tujuan penulisan
- C. kesimpulan penulisan
- D. sistematika penulisan
- E. metode penulisan
Jawaban: C
14. Bacalah teks berikut ini secara saksama!
“Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif, tujuannya untuk mendeskripsikan kadar keilmiahan isi, tulisan, organisasi, kosa kata dan istilah, pengembangan bahasa, dan aspek mekanik tulisan para siswa SMAN 34 Jakarta yang dipublikasikan pada mading sekolah”.
Dalam struktur karya ilmiah paragraf tersebut ...
- A. penutup
- B. metode penelitian
- C. tujuan penelitian
- D. latar belakang
- E. perumusan masalah
Jawaban: B
15. Kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis adalah ...
- A. Tujuan daripada penulisan ini adalah sebagai berikut….
- B. Karena itu tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut….
- C. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut….
- D. Di muka telah dikemukakan latar belakang permasalahan. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut….
- E. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut
Jawaban: E
16. Karya tulis yang menyajikan fakta umum dan tulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar dengan memperhatikan ciri-ciri dan syarat yang telah ditentukan disebut ...
- A. proposal
- B. anekdot
- C. cerpen
- D. negosiasi
- E. karya ilmiah
Jawaban: E
17. Tema karya tulis: Perlindungan terhadap perokok pasif.
Latar Belakang yang sesuai dengan tema tersebut adalah ...
- A. Banyak perokok yang merasa disalahkan jika merokok di dekat orang
- B. Merokok merupakan kebutuhan seseorang
- C. Yang bukan perokok sering sakit dan marah-marah karena asap rokok
- D. Pencemaran udara banyak yang disebabkan oleh perokok disembarang tempat
- E. Banyak perokok tidak menyadari dampak asep rokok terhadap orang di sekitarnya
Jawaban: E
18. Penyajian dari sistematika isi karya ilmiah adalah ...
- A. sinopsis
- B. abstrak
- C. daftar isi
- D. pustaka acuan
- E. kata pengantar
Jawaban: C
19. Djiwandoro M. Soenardi. 1996, Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung”ITB Bandung.
Kesalahan yang terjadi pada keterangan Daftar Pustaka diatas adalah ...
- A. Setelah kata Dwjiwandoro diisi tanda bagi, setelah 1996 tanda koma (,) diganti tanda titik bagi, pada kalimat Tes Bahasa dalam Pengajaran ditulis dgn huruf tebal (bold), setelah Badung tanda petik dua (“) diganti tanda tanya
- B. Setelah kata Dwjiwandoro diisi tanda koma, setelah 1996 tanda koma (,) diganti tanda titik, pada kalimat Tes Bahasa dalam Pengajaran ditulis dgn huruf miring (Italic), setelah Badung tanda petik dua (“) diganti tanda titik
- C. Setelah kata Dwjiwandoro diisi tanda seru, setelah 1996 tanda koma (,) diganti tanda titik, pada kalimat Tes Bahasa dalam Pengajaran ditulis dgn huruf tebal (bold), setelah Badung tanda petik dua (“) diganti tanda titik
- D. Setelah kata Dwjiwandoro diisi tanda titik, setelah 1996 tanda koma (,) diganti tanda bagi, pada kalimat Tes Bahasa dalam Pengajaran ditulis dgn huruf garis bawah (underline), setelah Badung tanda petik dua (“) diganti tanda seru
Jawaban: B
20. Bagian penutup sebuah karya ilmiah, pada umumnya menyajikan tentang ...
- A. rangkuman dan tindak lanjut
- B. simpulan umum
- C. rekomendasi penulis
- D. simpulan dan saran
Jawaban: D
21. Penulisan daftar pustaka yang tepat untuk buku berjudul Komposisi, karangan Gorys Keraf, diterbitkan oleh Nusa Indah, di Ende, Flores, tahun 1985 ialah ...
- a. Keraf, Gorys, 1985, Komposisi, Ende, Flores , Nusa Indah.
- b. Keraf. Gorys. 1985. Komposisi, Ende, Flores : Nusa Indah.
- c. Keraf, Gorys. 1985. Komposisi. Ende, Flores : Nusa Indah.
- d. Keraf. Gorys. 1985. Komposisi, Ende, Flores : Nusa Indah.
Jawaban: C
22. Tema karya ilmiah: Pengaruh keluarga terhadap sikap sosial siswa di kelas.
Rumusan masalah dari tema tersebut adalah ...
- A. Mengapa sikap sosial siswa di kelas dipengaruhi keluarga?
- B. Siapakah dalam keluarga yang mempengaruhi sikap siswa di kelas?
- C. Apakah keluarga ada pengaruhnya terhadap sikap siswa di kelas?
- D. Bagaimana pengaruh keluarga terhadap sikap sosial siswa di kelas?
Jawaban: D
23. Pernyataan berikut merupakan ciri karya tulis ilmiah, kecuali ...
- A. menggunakan pola pikir ilmiah
- B. disusun secara sistematis
- C. berdasarkan fakta hasil pengamatan
- D. bersifat subjektif
- E. menggunakan bahasa Indonesia ilmiah
Jawaban: D
24. perhatikan kutipan paragraf berikut!
Penulis mengakui bahwa masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, demi perbaikan karya tulis ini, penulis akan menerima segala kritikan dari semua pihak. Penulis mengucapkan terima kasih atas krtik dan saran yang diberikan.
Kutipan tersebut merupakan bagian karya tulis yang terdapat pada ...
- A. pendahuluan
- B. kata pengantar
- C. simpulan
- D. latar belakang
- E. rumusan masalah
Jawaban: B
25. Bagian karya ilmiah yang berisi hasil telaah terhadap teori dan hasil-hasil penelitian yang sudah ada dan relevan adalah ...
- A. metode penelitian
- B. pembahasan
- C. kerangka teoritis
- D. abstrak
- E. simpulan
Jawaban: C
26. Adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yang ditulis dengan cara ilmiah dan mengikuti pedoman ilmiah yang telah disepakati sebelumnya ...
- A. artikel
- B. makalah
- C. kertas kerja
- D. paper
- E. skripsi
Jawaban: A
Download Latihan Soal
Untuk dapat menyimpan Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 2 Karya Ilmiah, silakan kalian klik link download yang telah di sediakan dibawah ini.
Download Latihan Soal Bahasa Indonesialatihan soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2, soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2, contoh soal bahasa indonesia kelas 11 semester 2, soal bahasa indonesia kelas 11, soal bahasa indonesia kelas xi semester 2 dan kunci jawaban, soal uas bahasa indonesia kelas 11 semester 2, contoh soal uas bahasa indonesia kelas 11 semester 2